Nurani yang membeku

Seorang nenek berteriak-teriak," pak tolong kembalikan tanah saya, peninggalan orang tua saya, tolong pak gubernur, pak bupati, pak kapolda itu tanah saya dikembalikan."

Dia malah menambahkan,"Tanah saya peninggalan orang tua saya udah dimakan sama pak bupati pak gubernur, dan pak kapolda." Dengan raut wajah penasaran nenek berusia mungkin sudah hampir 70 tahun tersebut di shooting oleh TVOne di acara apa kabar Indonesia.

Dari penggalan cerita di atas mungkin dalam hati kita mempertanyakan seberapa efektifkah acara tersebut bisa membuahkan hasil seperti yang diharapkan dari para pengadu. Beberapa macam acara pengaduan-pengaduan atau sejenis mungkin juga ditampilkan di stasiun televisi lain di tanah air saat ini.

Seorang kawan pernah berkata,"Nurani kita sudah membatu, sudah membeku dan sudah tidak mempan segala macam sindiran umpama tamsil, ibrah, akan tetapi getas seperti ranting kering apabila dihadapkan dengan tuduhan secara langsung." Mungkin sebaik-baik cara memang melalui nasihat dari penguasa atau ulama yang diharapkan bisa memberikan pengertian dan kesadaran untuk kembali ke jalan kebaikan.

Wallahu' a'lam

0 Response to "Nurani yang membeku"